Dosen UAS Kencong Sosialisasikan Pengelolaan Daging Kurban yang Benar di Daerah Plural

Bagikan sekarang

Lumajang, Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1444 H, Anwar Syadad salah satu dosen Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS) Kencong lakukan sosialisasi pengelolaan daging kurban di daerah Bedayutalang, Senduro Kabupaten Lumajang, Sabtu (24/06/2023).

Sosialisasi yang bertempat di Ma’had Assunniyyah 07 (MAJU) tersebut dihadiri oleh warga sekitar dan beberapa takmir masjid yang ada di daerah Kecamatan Senduro, kegiatan ini sengaja di lakukan karena masih banyak masyarakat khususnya para takmir musholla dan masjid yang belum memahami betul teknis pengelolaan daging kurban yang benar.

Apalagi Kecamatan Senduro merupakan daerah yang penduduknya menganut agama yang beragam, ada Islam, dan Hindu. sudah tentu sebagai pengelola daging kurban harus faham betul bagaimana teori pembagiannya dan lain sebagainya.

“Kita harus bijak sebagai seorang muslim di Indonesia dalam membagikan daging kurban, apabila kita memiliki tetangga yang non muslim, tidak masalah kita beri daging meskipun menurut Imam Syafi’i ini tidak di berbolehkan namun Madzhab Hanafi memperbolehkan hal demikian dalam rangka menunjukkan bahwa Islam itu peduli akan sesama,” Jelas Alumni Tarim, Hadramaut Yaman tersebut saat di konfirmasi, Ahad (25/06/2023).

Ia juga menambahkan bahwa dalam menanggapi sebuah permasalahan sebaiknya harus bijak, karena fiqih itu lahir untuk kemaslahatan.

“Sebagai seorang muslim agar kita dapat menjadi orang yang bijak dalam menanggapi sebuah permasalahan makanya jangan sampai tinggalkan ngaji pada ulama’, karena hanya dengan ngaji dan dekat dengan ulama’ kita akan faham dan mengerti ajaran yang di bawa oleh Rasulullah SAW yang sesungguhnya,” pungkas pengasuh Ma’had Assunniyyah 07 tersebut.

Scroll to Top