Luar Biasa, 8 Dosen UAS Jember Terpilih Menjadi Bagian dari 2.500 Peserta PKDP 2023

Bagikan sekarang

Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan PTP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengantarkan 8 Dosen UAS Jember menjadi bagian dari 2.500 peserta terpilih.

Kegiatan yang digelar mulai 14-19 Agustus 2023 di Harris Hotel and Convention Malang ini, diikuti oleh sebanyak 2.500 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan salah satunya adalah Universitas Al Falah As-Sunniyah (UAS) Kencong Jember.

Adapun nama-nama dosen yang mengikuti PKDP ini adalah Nur Jannah, M.Pd (Kaprodi PAI), Dr. (Cand) Amak Fadholi, M.Pd (Kaprodi BKPI), Dr. (Cand) Rudi Masrukhin, M.Pd.I (ketua LP3M), Faisol Hakim, M.Pd.I, Zainuri, M.Pd.I, Ahmad Mizan Rosyadi Abdul Jalil Mannan, M.Pd.I, Nor Holis Bin Nafsah, M.Pd, dan Beni Ashari, M.H.I.

Nor Holis Bin Nafsah, Salah satu Dosen UAS yang terpilih mengikuti PKDP mengatakan, tahun ini UAS telah mengajukan 30 nama calon peserta sertifikasi dosen, dari sekian peserta tersebut terdapat 8 peserta yang lolos untuk mengikuti PKDP sebagai salah satu syarat untuk lolos sertifikasi dosen.

“Hal ini tentu patut disyukuri karena peserta tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 2 orang peserta PKDP. Bahkan UAS menjadi Universitas Swasta terbanyak pesertanya se Jawa Timur,” ujarnya, Jumat (18/08/2023).

Pihaknya menambahkan, PKDP akan dilakukan dengan 3 tahapan. Tahap Pertama, In Service Course I yang dilaksanakan secara offline pada saat ini, Tahap kedua, On The Job Course akan dilaksanakan dengan durasi 140 JP/52 hari secara Online (Zoom Meeting), sedangkan Tahap Ketiga, In Service Course II akan dilaksanakan dengan durasi 12 JP/2 hari.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), sehingga para dosen mempunyai kecakapan dalam mengajar dan kualifikasi akademik yang baik. Di samping itu, kegiatany ini juga dapat membimbing para dosen pemula untuk dapat beradaptasi dengan budaya kerja dan mampu menjalankan tugasnya sebagai dosen yang professional, serta adaptif dengan perkembangan zaman.” imbuhnya.

Rijal Mumazziq Zionis, Rektor Universitas Al Falah As-Sunniyah (UAS) Jember menyampaikan, agar para dosen yang mengikuti tahapan prosedur kelulusan sertifikasi dosen bisa lolos semuanya dan lebih professional dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Selain itu, ia juga berharap bagi dosen UAS yang belum terjaring sebagai peserta sertifikasi dosen (serdos) tahun ini, semoga bisa lolos di tahun depan.

“Lolos sertifikasi merupakan salah satu kesempatan yang paling dinanti dan diimpikan setiap dosen PTKIS, karena dengan cara inilah mereka bisa menjadi dosen professional yang mendapatkan sertifikat profesi sekaligus tunjangan kesejahteraan. Peningkatan kompetensi dosen tentunya tidak hanya menguntungkan bagi para dosen, namun juga menguntungkan bagi institusi perguruan tinggi, karena semakin banyak dosen yang professional, maka akan semakin berpengaruh positif terhadap kualitas kampus tersebut,” jelas Rektor yang akrab disapa Gus Rijal ini.

Scroll to Top