Warning: Attempt to read property "ID" on bool in /home/ypiaaori/uas.ac.id/wp-content/plugins/download-manager 2/libs/class.Apply.php on line 1379

Warning: Attempt to read property "ID" on bool in /home/ypiaaori/uas.ac.id/wp-content/plugins/download-manager 2/libs/class.Apply.php on line 1379

Prodi HKI, Gelar Workshop Penyusunan RPS dan Kurikulim Berbasis OBE

Bagikan sekarang

Program Studi Hukum Keluarga Islam (Prodi HKI) Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS) Kencong Jember menggelar workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Sosialisasi Kurikulum terbaru berbasis Outcome Based Education (OBE), Kamis (31/8/2033).

Acara yang berlangsung di ruang C lantai 5 Kampus II Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS), dihadiri oleh seluruh dosen tetap Prodi HKI.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari evaluasi kurikulum berstandar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) Prodi HKI yang sebelumnya dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Al-Falah As-Sunniyah pada hari Rabu-Kamis (2-3/8/2023).

Aufal Hadziq, M.H. Ketua Progam Studi HKI menjelaskan, pembaharuan dalam metode penyusunan RPS ini bertujuan untuk mematuhi aturan RPS yang telah ditetapkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais).

“Harapannya, RPS yang disusun oleh para dosen akan lebih terstruktur dan dapat diterima dalam pelaporan Beban Kerja Dosen Internal (BKDI) kampus,” ucapnya.

Pihaknya juga menetapkan target, semua RPS mata kuliah terbaru di Prodi HKI harus selesai penyusunannya pada semester ganjil dalam tahun ajaran 2023-2024.

“Hal ini diharapkan guna menjadi data penunjang kualitas pembelajaran dalam proses akreditasi Prodi HKI yang akan dilakukan pada tahun berikutnya,” jelas Hadziq.

Beni Ashari, M.H. Tutor workshop penyusunan RPS menyatakan, RPS dalam workshop ini mengikuti metode berbasis Outcome Based Education (OBE), yang menekankan pada pencapaian hasil pembelajaran, yaitu paradigma di mana pembelajaran dan penilaian/evaluasi secara eksplisit dirancang untuk memastikan pencapaian dan penguasaan hasil belajar yang telah ditentukan.

“Workshop ini mengikuti metode berbasis OBE, jadi menekankan pencapaian hasil pembelajaran,” ujarnya disela-sela menyampaikan materi.

Scroll to Top