Rancang Program Dakwah Berkelanjutan, UAS Kencong Distribusikan Kurban di 3 Dusun Dampingan

Bagikan sekarang

Program dakwah Universitas Al Falah Assunniyyah (UAS) Kencong Jember terus dilakukan terutama di daerah-daerah yang sangat membutuhkan. Di momen Idul Adha 1445 H ini, demi merancang program dakwah berkelanjutan, UAS Kencong mendistribusikan hewan kurban di 3 dusun dampingan, Selasa (18/06/2024).

Tiga Dusun tersebut adalah Dusun Rigasen Desa Mundurejo Kecamatan Umbulsari Jember, kemudian Dusun Rowosugo Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Lumajang dan Dusun Tendas Jadukan Desa Mojosari Kecamatan Puger Jember.

Rektor UAS Kencong, Gus Rijal Mumazziq Z menuturkan, Dusun Rigasen sendiri merupakan lokasi baru untuk program dakwah UAS Kencong. Dusun Rigasen yang dekat dengan Desa Pondok Waluh Kencong ini ada 70 KK dan 1 Masjid bernama Miftahul Jannah.

“Di awal pendirian masjid, jamaah tidak genap 40, akhirnya pihak Ranting NU Mundurejo menghimbau warga dusun lain shalat Jumat disana. Menurut info dari takmir disana belum ada TPQ. Hanya ada ngaji Al-Qur’an bagi anak dan remaja setelah maghrib yabg diikuti 5 anak, kadang 10,” ungkap Gus Rijal.

Dari kondisi tersebut, Gus Rijal yang kesana menyalurkan hewan kurban bersama timnya sepakat bakal mendirikan TPQ dengan menugaskan Dai Mahasiswa yang akan dibentuk pertengahan Bulan Juli nanti.

“Para penerima beasiswa tahfidz yang rencananya kita tugaskan di sini. Bisyaroh bulanan bagi mereka diambilkan dana kemaslahatan umat dari dana titipkan oleh donatur,” imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Gus Rijal, lokasi lain pendistribusian hewan kurban ada di Dusun Rowosugo Desa Yosowilangun Kidul yang penduduknya 60% non-muslim dan sisanya muslim melalui tokoh setempat yaitu Kiai Syahir.

“Pola distribusi daging kurban seperti ini menurut saya ideal dengan menyasar zona-zona terpencil yang belum mendapatkan jatah daging, karena disisi lain kadangkala jumlah daging kurban malah berjubel di satu kepanitiaan masjid hingga dagingnya turah-turah tidak tersalurkan rata,” terangnya.

Sementara di Dusun Tandes Jadukan sendiri sejak tahun lalu sudah berjalan program dakwah disana semenjak UAS Kencong merenovasi sebuah mushala yang hampir roboh dan menempatkan dai mahasiswanya disana dan berjalan dengan baik hingga sekarang.

Penulis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top