Tingkatkan Keberhasilan Pembelajaran, Prodi PBA UAS Jember Sosialisasikan RPS dan CPL-MK

Bagikan sekarang

Untuk memaksimalkan angka keberhasilan dalam pembelajaran, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS) Kencong Jember mengadakan sosialisasi penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi seluruh dosen PBA sekaligus mengadakan reformulasi Capaian Pembelajaran Lulusan Mata Kuliah (CPL-MK), Sabtu (26/08/2023).

Sosialisasi yang digelar di Gedung Lt.5 Kampus II Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember ini, guna menyusun kegiatan pembelajaran selama satu semester yang mengacu pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 serta menjadi salah satu wujud implementasi Outcome Based Education (OBE).

Abdul Ghofur, Ketua Program Studi PBA menyampaikan, RPS sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, bahkan menjadi acuan rumusan, tujuan, dan pokok isi mata kuliah beserta metode pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

“Penyusunan ini diaplikasikan secara SMART, yakni Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time Bound,” jelasnya.

Dalam hal ini, Ghofur memberikan tahapan dalam menyusun RPS. Pertama, menulis CPL Prodi yang disesuaikan dengan mata kuliah. Kedua, menulis CPMK untuk menunjukkan indikator. Ketiga, melakukan pemetasan CPL dikhawatirkan ada mata kuliah yang memiliki CPL lebih dari satu. Keempat, menulis bahan ajar atau materi yang akan dimasukkan. Kelima, menyusun metode pembelajaran. Keenam, Ketua Prodi dan Koordinator Mata Kuliah membuat kolom otoritasi.

“Maka dari itu, untuk menyusun RPS harus mengetahui dan mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) milik setiap prodi. CPL tersebut nantinya akan didukung oleh semua RPS yang terdapat di dalamnya. Sehingga, CPL akan menjadi ruh bagi program studi yang bisa diketahui melalui masing-masing RPS mata kuliah,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, mata kuliah juga memiliki Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang akan diturunkan ke dalam jumlah pertemuan tatap muka.

“Sebaran SKS-nya juga perlu diratakan agar memberi kesempatan bagi yang mengulang mata kuliah,” imbuhnya.

Terakhir, ia berharap sosialisasi ini bisa memberikan arah bagi dosen untuk menyadari bahwa RPS menjadi suatu keharusan bagi prodi serta menghimbau kepada seluruh dosen PBA untuk menyerahkan RPS pada awal pertemuan setiap semester.

“Semoga dengan sosialisasi ini, seluruh dosen PBA Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS) Kencong Jember dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengembangkan bahan ajar sesuai dengan pedoman kurikulum dan perkembangan zaman,” pungkasnya.

Salam PBA Bravo!!!

Scroll to Top